Kepada
Yth.Kepala UPBJJ UT
MEDAN
Di
Tempat
Surat Kesediaan menjadi
supervisor 2
Saya
yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Heppi Gultom,S.Pd
Asal
Tk : Maria Mutiara
Alamat
Tk : Jl.Mgr.Albertus Sugyopranoto Sj
No I Sibolga
Dengan ini menyatakan bersedia menjadi
supervisor 2 yang akan menilai dan memberi masukan terhadap pelaksanaan praktik
mengajar dalam mata kuliah PKM
(Pemantapan Kemampuan Mengajar),yang
akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut dibawah ini :
Nama :
Nurlatifa Panggabean
NIM :
825938469
Demikian, Surat Kesediaan menjadi supervisor 2 ini dibuat untuk dapat
dipergunakan sebagaimana mestinya.
Sibolga,
4 april 2017
Supervisor
2
Heppi
Gultom,S.Pd
Kepada
Yth.Kepala UPBJJ UT
MEDAN
Di
Tempat
Surat Rekomendasi
Kepala TK
Saya
yang bertanda tangan dibawah ini :
Nama : Heppi Gultom,S.Pd
Asal
Tk : Maria Mutiara
Alamat
Tk : Jl.Mgr.Albertus Sugyopranoto Sj
No I Sibolga
Dengan
ini menyatakan bahwa supervisor 2 yang bernama Heppi Gultom,S.Pd dapat menilai
dan memberi masukan pelaksanaan PKM mahasiswa berikut ini :
Nama : Nurlatifa Panggabean
NIM : 825938469
Demikian
surat kesediaan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya
Sibolga,4
April 2017
Kepala
TK Maria Mutiara
Heppi
Gultom,S.Pd
A.PENDAHULUAN
1.Latar Belakang Pembuatan Laporan
P
|
rofesi yang paling berperan dalam dunia
pendidikan adalah guru dengan kata lain guru mempunyai posisi vital dalam
perkembangan kehidupan manusia yan dinamis ini.Oleh karena itu seiring dengan perkembangan
ilmu dan pengetahuan dan teknologi,kualifikasi akademik guru harus selalu
ditingkatkan guna menghasilkan generasi yang lebih baik dihari esok.Untuk itu
kemampuan mengajar merupakan kemmpuan utama bagi mahasiswa Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) termasuk mahasiswa program S1 Pendidikan Anak Usia
Dini ( PGPAUD ),perlu mengembangkan kemampuan mengajarnya karena mengajar
merupakan sarana untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan pesan moral kepada
anak didik.
Untuk Meningkatkan kualitas pembelajaran
yang dilakukan,seorang guru harus mengetahui kelemahan dan kelebihannya dalam
mengajar agar mendapatkan masukan untuk
memperbaiki rencana pembelajaran selanjutnya.
Mata kuliah Pemantapan Kemampuan
Mengajar ( PKM )akan memantapkan dan menguji kemampuan mahasiswa untuk
merancang rencana kegiatan harian ( RKH ) dan melaksanakan praktik pengembangan
berdasarkan RKH serta mengevalusi hasil belajar peserta didik.
1
2.Tujuan mengikuti PKM
Pemantapan Kemampuan Mengajar
(PKM),peran guru sangat penting dalam menyiapkan generasi penerus yang unggul
dalam masa mendatang, maka dari itu diperlukan suatu pembelajaran yang khusus
mata kuliah yang dapat menunjang guru TK/RA dalam meningkatkan kualitas
mengajarnya.
Adapun Tujuan mengikuti PKM adalah.
1. Meningkatkan
kemampuan mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengembangan
secara efektif dan efisien.
2. Untuk
dapat mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dalam mengajar melalui refleksi yang
akan menjadi bahan perbaikan bagi guru yang melaksanakan pembelajaran.
3. Memberikan
penjelasan kepada mahasiswa tentang segala halyang terkait dengan mata kuliah
PKM, mulai dari hal hal yang terkait dengan penyelenggaraan dan operasional
dilapangan.
4. Untuk
melatih dan membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan pembelajaran seperti
mempersiapkan,merancang,melaksanakan,mengevaluasi dan memperbaiki.
5. Supaya
dapat melaksanakanpembelajaran secara efektif dengan mengacu pada rencana
pembelajaran terpadu
6. Supaya
dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam mengajar
7. Berwawasan
luas dalam pendidikan anak usia dini
2
3.Mamfaat Mengikuti
Mata Kuliah PKM
Seorang guru TK akan
mendapatkan mamfaat setelah mengikuti mata kuliah PKM ini.
Adapun mamfaat yang
diperoleh dari mengikuti Mata Kuliah PKM adalah :
1.
Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan
berbagai pengetahuan dan pengalaman yang telah mahasiswa peroleh melalui tindak
belajar yang dipraktikkan.
2.
Mempunyai kemampuan untuk menilai
kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran,serta
melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangan mahasiswa dalam
melaksanakan kegiatan pengembangan.
3.
Terbiasa mengambil keputusan dan
melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan dan dapat
mempertanggung jawabkan kebenarannya.
4.
Memiliki kemampuan untuk menyusun
rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik kebutuhan
siswa.
3
KATA
PENGANTAR
Alhamdulillahirobbil’alamin,Puji
syukur Penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan
rahmat dan hidayah-Nya,sehingga Penyusun dapat menyelesaikan Penyusunan Laporan
Hasil Praktek Mengajar di TK MARIA MUTIARA SIBOLGA.
Laporan
ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah PKM ( Pemantapan Kuliah Belajar
)yang merupakan salah satu mata Kuliah S-1 PG-PAUD semester V ( Lima ).Dalam
pemantapan,Mahasiswa merancang RKH dan melaksanakan Praktek Pembelajaran.
Tidak
Lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang bersangkutan
yang telah membantu saya dalam menyusun Laporan ini,melalui bimbingan Dosen
Ramsa Lumban gaol,S.Pd,M.Psi, selaku supervisor dan pembimbing Mata Kuliah yang
telah meluangkan waktu untuk mendidik dan membimbing dalam penulisan laporan
ini.Ibu Heppi Gultom,S.Pd selaku supervisor kepala TK MARIA MUTIARA yang telah
memberi izin dan membimbing dalam pelaksanaan praktek mengajar di
sekolahnya.Guru-guru TK MARIA MUTIARA selaku rekan kerja di TK MARIA MUTIARA
yang telah membantu kelancaran pelaksanaan PKM .
Penulis
menyadari bahwa dalam Penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan.Oleh
karena itu,saran dan kritik dari pembaca yang budiman senantiasa kami
harapkan.Semoga Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ini bermamfaat bagi
peningkatan pendidikan dan bagi Saya sebagai guru.
Sibolga,
April 2017
Mahasiswa
Nurlatifa Panggabean
ii
DAFTAR
ISI
Pengesahan Laporan .......................................................................... i
Kata Pengantar .......................................................................... ii
Daftar Isi .......................................................................... iii
A.Pendahuluan ................................................................ ......... 1
1.
Latar Belakang Pembuatan Laporan .......................................... 1
2.
Tujuan Mengikuti PKM .......................................... 2
3.
Mamfaat Mengikuti Mata Kuliah PKM ................................ 3
B.Temuan-temuan dalam Pembelajaran ............................... 4
1.
Temuan RKH 1 ............................................................... 4
2.
Temuan RKH 2 ............................................................... 5
3.
Temuan RKH 3 .............................................................. 6
4.
Temuan RKH 4 .............................................................. 7
5.
Temuan RKH 5 .............................................................. 8
6.
Temuan RKH 6 .............................................................. 9
7.
Temuan RKH 7 .............................................................. 10
8.
Temuan RKH 8 ............................................................. 11
C.Kesimpulan ........................................................................ 12
D.Saran dan Tindak Lanjut .............................................................. 14
E.Rencana Kegiatan Harian ............................................................. 15
1. RKH
1 ............................................................. 16
2. RKH
2 ............................................................. 27
3. RKH
3 .............................................................
PENGESAHAN
LAPORAN
PEMANTAPAN
KEMAMPUAN MENGAJAR ( PKM )
Laporan ini disusun dan
diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar)
dengan data sebagai berikut :
Nama :
Nurlatifa Panggabean
NIIM :
825938469
Tempat Pelaksanaan Mengajar : TK
MARIA MUTIARA
Kelompok : B
Alamat : Jl.Mgr.Albertus Sugyopranoto Sj No I
Sibolga
Waktu Pelaksanaan : 2
April s/d 29 April 2017
Telah diterima dan
disahkan sebagai syarat untuk mengikuti ujian PKM S-1 PG.PAUD FKIP Universitas
Terbuka UPBJJ-Medan,April 2017.
Mengesahkan,
Supervisor 1
Mahasiswa
Ramsa L.Gaol.S.Pd.M.Psi
Nurlatifa Panggabean
825938469
i
C.KESIMPULAN
1.
Secara umum kelemahan pengembangan yang
saya lakukan adalah :
Dalam
menyampaikan materi gaya bicara saya terlalu cepat sehingga anak-anak terlambat
mengikuti apa yang harus dilakukan.Kurangnya saya dalam mengelolah kelas
sehingga ada anak yang menimbulkan masalah dan membuat keributan dan Suara saya
kurang lantang untuk menyampaikan materi sehingga masih ada anak-anak yang
belum melaksanakan tugasnya karena tidak mendengarkan apa yang disampaikan guru
karena masih asyik ngobrol dengan temannya.Kurangnya saya dalam memahami
karakter anak pada saat meraka ingin
belajar atau tidak ingin belajar sehingga anak anak tersebut tidak ingin
menyelesaikan tugas yang diberikan guru.
2.
Secara umum penyebab kelemahan tersebut
adalah :
Kurangnya
penguasaan kelas,kurangnya motivasi dan memahami karakter anak yang berubah
ubah setiap hari dan kuranngnya penguasaan materi yang disampaikan.
3.
Secara umum kelebihan pengembangan yang
saya lakukan adalah :
Dalam penggunaan
media yang bervariasi setiap harinya membuat anak-anak bersemangat untuk
mengerjakannya walaupun kesulitan tetapi tidak segan meminta bantuan kepada
guru untuk membantunya menyelesaiakan tugasnya.Pemilihan metode pembelajaran
yang sesuai dengan materi sehingga Anak-anak menjadi lebih aktif dalam
mengerjakan tugasnya karena sudah memahami apa yang harus dilakukan dalam
mengerjakannya.
4.
Secara umum penyebab kelebihan tersebut
adalah :
Media yang
bervariasi setiap pergantian tema,Memahami kemampuan anak sejauh mana mereka
bisa dan mampu untuk mengerjakan materi yang disampaikan.
12
5.
Rangkuman perbaikan pengembangan yang
telah dilakukan adalah :
a.
Saya akan lebih aktif berkomunikasi dengan anak-anak yang membutuhkan perhatian
terutama anak yang pendiam.
b.
Saya akan lebih mempersiapkan materi
yang cepat ditangkap dan dipahami anak agar proses pembelajaran tetap
terkendali.
c.
Saya akan belajar memahami karakter anak
saat mereka semangat dan tidak semangat baik dari rumah maupun dalam kegiatan
belajar tetap memberi motivasi agar anak- anak tetap ceria dan bersemangat.
d.
Saya akan selalu membuat media yang
bervariasi agar proses belajar mengajar tidak membosankan.
e.
Memposisikan cara bicara yang tepat
dimana saatnya lantang dan lembut dalam menyampaikan pembelajaran.
f.
Saya Akan memberikan penghargaan berupa
pujian kepada anak
13
D.Saran
dan Tindak Lanjut
Berdasarkan kesimpulan
tersebut diatas,hal-hal yang sebaiknya dilakukan pendidik untuk meningkatkan
kualitas pembelajaran adalah :
1.
Sebelum pembelajaran
berlangsung,pendidik hendaknya menguasai materi terlebih dahulu
2.
Pendidik hendaknya menggunakan metode
yang dapat memotivasi anak
3.
Dalam menyampaikan materi hendaknya
dibantu dengan benda-benda yang bisa dilihat langsung oleh anak-anak
4.
Siswa yang kurang dan lamban
belajar,harus banyak berlatih dan diberi bimbingan khusus sehingga dapat
mengejar kekurangannya.
5.
Guru lebih mengadakan pendekatan kepada
siswa,sehingga dapat memahami karakter anak-anak.
14
Tidak ada komentar:
Posting Komentar