TUGAS 3
Tabel
Nama Peralatan IPA di SD
Nama Peralatan IPA di SD
No
|
Nama Peralatan
|
Ciri -Ciri
|
Bahan Penyusun
|
Kegunaan
|
|
1
|
Rangka anggota tubuh/anatomi manusia
|
-
Bentuk
persis seperti stuktur manusia/aslinya
-
Warna
krem
-
Pengecatan
menggunakan bahan cat anti Toxin yang aman
-
Di
beri No dan dilengkapi dengan petunjuk
|
- plastik PVC durabel
|
Media yang digunakan untuk mempermudah penjelasan mengenai struktur
anggota tubuh manusia,karena benda media tersebut nyata dilihat oleh siswa
sehingga siswa mudah untuk mengingat anggota tubuh manusia.
|
|
2
|
Model/gambar dingding mata
|
-
Gambar
mata
-
Bentuk
persegi
-
Memiliki
keterangan keterangan/petunjuk bagian –bagian mata
|
-
kertas
-
lukisan
mata
|
Media yang digunakan untuk menerangkan bagian-bagian mata manusia
,biasanya ditempelkan didingding kelas maka saat kapanpun siswa dapat melihat
gambar tersebut karena keterangan gambar mata telah ada.
|
|
3
|
Kaca pembesar
|
-
Pembesaran
3-5 kali
-
Lensa
kaca dia 50 mm
-
Berbingkai
logam stainless steel dilengkapi dengan pemegang
|
-
kaca
-
Plastik
pada pemegang
|
Digunakan untuk memperjelas benda benda kecil serta menunjukkan lensa
cekung dan cembung pada kaca tersebut
|
|
4
|
Model/gambar dingding telinga
|
-
kertas
-
berupa
lukisan telinga bagian luar dan bagian
dalam telinga
-
Bentuk
persegi yang dilengkapi petunjuk keterangan gambar
|
-
kertas
-
Gambar
telinga
|
Sebagai media untuk memperkenalkan bagian luar maupun dan dalam telinga,
Yang disertai dengan keterangan gambar sehingga siswa lebih mudah
mengingat.
|
|
5
|
Gelas kimia
|
-
kaca
bening
-
ukuran
kecil ,sedang
-
pada
bagian atas terdapat ceret ( Bibir tuang )
|
-
kaca
borossilikat
|
Digunakan untuk media percobaan untuk membuktikan secara langsung apa
yang mau diuji,biasanya dilakukan dilaboratorium
|
|
6
|
Macam macam magnet
|
-
terbuat
dari besi/baja
-
keras
-
bentuk
batang,ladam,jarum,U,
-
terdapat
2 warna yaitu merah dan biru
|
- besi/baja
|
Digunakan sebagai media praktek agar siswa tanggap lebih cepat untuk
mengetahui sifat sifat magnet.
|
|
7
|
Rangkaian seri dan paralel
|
- bentuk rangkaian seri dan paralel
- rangkaian tersusun dari bola lampu kecil ,baterai,kabel.
- ada rangkaian baterai dan sumber listrik disusun sejajar,ada rangkaian
baterai atau sumber listrik disusun berderet.
|
- bola lampu kecil
- kabel listrik
- balok/papan sebagai wadah
- baterai
-saklar
|
Digunakan untuk petunjuk bagi siswa untuk mengetahui bagaimana rangkaian
seri dan rangkaian paralel disusun agar mereka bisa membentuk rangkaian baru
sesuai dengan sampel.
|
|
8
|
Mikroskop
|
-
3
lensa okuler
-
3
lensa okromatik
-
Diagram
disk
-
Cermin
datar dan cekung
-
Meja
horizontal dan penjepit mikrokroslide
-
Terdapat
pengatur fokus halus dan kasar
-
Terdapat
komponenn pengungci sehingga lensa tidak menyentuh kaca obyek
|
Besi
(Plastik.kaca untuk bagian bagian mikroskop)
|
Digunakan untuk membantu penelitian obyek tertentu agar langsung dilihat.
|
|
9
|
Carta alat pencernaan
|
-
terbuat
dari kertas /hara
-
gambar
alat pencernaan manusia
-
bentuk
persegi yang dibingkai dengan kaca di terletak didingding kelas namun ada
juga di dingding laboratorium
-
pada
alat pencernaan diberi huruf huruf tertentu,lalu di pojok bawah diberi
keterangan gambar sesuai Huruf tersebut
|
-
offsett
berwarna pada kertas
|
Digunakan sebagai media petunjuk alat alat pencernaan manusia serta letak
posisi alat alat pencernaan manusia dalam anggota tubuh manusia ,agar siswa
lebih paham dan mudah menangkap letak alat pencernaan manusia.
|
|
10
|
Carta ,peredaran
darah manusia
|
-
memiliki
keterangan nama dan bagian – bagiannnya
-
Gambar
peredaran darah manusia
|
Offset berwarna pada kertas
|
Menunjukkan contoh sel darah manusia ( sistem
peredaran darah besar dan kecil .
|
|
11
|
Preparat kering
sel darah merah
|
-
memiliki
keterangan nama dan bagian bagian nya
-
-
Gambar sel darah merah
|
|
Memperlihatkan sel darah merah manusia
|
|
12
|
Carta.alat
indera
|
- memiliki keterangan nama dan bagian bagian
Alat Indera
|
Offset berwarna pada kertas
|
Menunjukkan bagian bagian mata
,telinga,hidung,kulit,lidah
|
|
13 KIT IPA Komponen setiap KIT ditempatkan
pada suatu dudukan yang terbuat dari Vakum Plastik putih /abu abu muda.tebal
min 1,6 mm dan ditempatkan didalam kotak bokx KIT yang warna sesuai dengan
KITnya ,Boks KIT mudah dibersikan dan dilengkapi dengan pengunci yang kokoh
|
1.KIT Magnet
|
|
|
Untuk mendukung media yang sesuai dengan konsep pembelajaran
|
|
1.1 Magnet batang
|
- terdiri dari warna merah
dan biru pada setiap kutup magnet
|
Al nisco
|
|
1.2 pengapung magnet
|
-permukaan atas terdapat celah untuk penyimpanan magnet batang
|
stayrofoam
|
|
|
1.3.pan ( cawan )
|
|
plastik
|
|
|
1.4.wadah alat
|
|
plastik
|
|
|
1.5.Kotak alat
|
- dicat
- dilengkapi dengan tutu p,disablon dengan permanen dengan kedua sisi
|
NDF 9mm dan 3 mm
|
Tempat penyimpanan KIT magnet
|
|
|
2.KIT PANAS
|
|
|
Untuk mendukung media yang sesuai dengan konsep pembelajaran
|
|
2.1.Termometer skala
|
- panjang 500mm,tabung 6-7
mm,skala 10 – 110 cm,berisi cairan alkohol berwarna
|
gelas
|
Sebagai alat pengukur
|
2.2 batang besi
|
-
Seperti balok kecil
|
besi
|
|
|
2.3 batang kaca
|
- seperti balok kecil
|
kaca
|
|
|
|
2.4 Pembakar spritus
|
- Dilengkapi dengan sumbu ,pembakar sumbu dan penutup
- Sambungan antara unit sumbu dengan kepala pembakar spiritus diberi
saking supaya tidak bocor
|
Stainless steel
|
Tempat pembakaran spritus ( kompor )
|
2.5.Batang pengaduk
|
- ukuran 175 x 6 mm
- satu ujung bulat dan ujung lain pipih
|
kaca
|
Untuk meremukkan kristal
|
|
|
3.KIT Air
|
rainer kit ini dapat
digunakan sebagai sarana pendukung Proses pembelajaran praktik IPA materi Air
|
||
3.1 Gelas kimia
|
Tanpa skala
|
Plastik
|
|
|
3.2.Selang plastik panjang
|
- digulung dengan lapisan
plastik ukuran panjang
Ukuran 11 mm – 10,7mm
|
Plastik transparan
|
|
|
3.3. selang plastik pendek
|
-
Digulung dengan lapisan plastik dengan ukuran pendek,ukuran 9mm-6mm
|
Plastik ,transparan
|
|
|
4.KIT LISTRIK
|
|
|
rainer
kit ini dapat digunakan sebagai sarana pendukung Proses pembelajaran praktik
IPA materi listrik, pengenalan simbol dan bahan beberapa jenis penghantar
arus listrik sampai dengan simulasi perubahan energi listrik sangat mudah
dipahami, sehingga pencapaian kompetensi lebih maksimal
|
|
5.KIT Neraca
|
|
|
|
|
6.KIT
Bunyi
|
|
|
rainer
kit ini dapat digunakan sebagai sarana pendukung Proses pembelajaran praktik
IPA materi bunyi, serta betuk perubahan bunyi
|
Tabel
Klasifikasi
Peralatan IPA
No
|
Bahan Penyusun
|
Nama Alat
|
Faktor penyebab kerusakan
|
1
|
Kaca
|
1.Gelas kimia
2.Kaca pembesar
|
1.Pecah atau terjadinya proses pemuaian pada tempat penyimpanan
gelas karena terlalu panas maupun
terlalu padat
2.terjadi pemuaian pada bagian kaca.
|
2
|
Logam
|
1.Mikroskop
( terbuat dari susunan berbagai besi )
2.Magnet ( besi dan baja )
3.batang besi
4.batang kaca
|
1.- lensa fokus tidak berfungsi lagi .
- anak pupil tidak
2.Karena terlalu lama tersimpan sehingga kekuatan magnetnya berkurang
|
3
|
Plastik
|
1.Anatomi manusia
2.Bahan bahan Kit IPA yang sesuai dengan alatnya
|
Faktor kerusakan sangat sedikit.
|
4
|
Karet,
Model,
Carta
|
1.torso manusia
2.Model alat pencernaan
3.model/gambar dingding telinga
4.model/gambar dingding mata
5.Carta ,peredaran darah manusia
6.Carta ,alat indera
7.model kompas
|
1.- terlalu lama berdebu sehingga bagian bagian model
terkikis/terkelupas,dan bahan penyusunnya pudar .alat ini disimpan di
laboratorium.
2.- kemungkinan rusak sangat tipis karena ditutupi dengan bingkai
,kecuali jatuh dan gambar tersebut kena air atau robek.media ini di pajangkan
di dingding kelas/laboratorium
3.faktor kerusakan sangat sedikit ,kecuali kena air,robek dan digulung
gulung .dipajangkan di dingding kelas.
4.faktor kerusakan sangat sedikit ,kecuali kena air ,robek dan digulung
gulung ,karena media ini jarang disimpan di lemari lemari khusus penyimpanan
alat alat media lainnya namun media ini di pajangkan di dingding .
7,pecah
|
5
|
Elektronik
|
1.rangkaian listrik paralel dan seri
|
1.- baterai tidak menghasilkan energi lagi.
- Bola lampu putus,sehingga rangkaian tersebut tidak berfingsi lagi.
|
6
|
Alumanium
|
1,
|
1.
|
Nama peralatan IPA yang
sering kami gunakan ,yaitu :
1.Torso manusia
Digunakan ketika pembelajaran struktur tubuh manusia di kelas 4 SD,mulai
dari rangka kepala,rangka anggota gerak dan rangka badan
2.Mikroskop
Ketika di SD kami hanya dijelaskan fungsi masing masing penyusun badan
mikroskop,namun di SMA kami menggunakan langsung mikroskop untuk mengetahui
langsung bagaimana denyut nadi hewan bergetar serta aliran darah tubuh hewan kususnya Katak,cacing,dst.
Ketika kita letakkan obyek di tempat obyek, dekatkan kaca obyek tetapi
tidak sampe menyentu obyek,kita atur pengatur fokus halus dan kasar agar
terlihat jelas.
( Pembelajaran biologi,kimia )
3.Rangkaian listrik seri dan paralel
Setelah mendapatkan penjelasan bagaimana cara penyusunan seri dan paralel
,kami mempratekkan langsung ,menyusun rangkaian seri dan paralel dalam bentuk
kelompok ,hal ini juga digunakan sebagai praktek UAS ketika SMP.
( Pembelajaran Fisika )
4.Magnet
Dipratekkan untuk mengetahui sifat sifat magnet
( Pembelajaran Fisika )
5.Carta, alat pencernaan manusia
( Pembelajaran Biologi )
Prosedur Penyimpanan dan Perawatan
Peralatan IPA
1.Torso Manusia
Disimpan ditempat teduh misalnya Laboratorium namun tidak tersentuh oleh
benda lain agar tidak lecet atau tergores.
Perawatannya ,sebaiknya di tutupi secara keseluruhan badan torso dengan
plastik bening agar debu dan rayap tidak
menempel.
2.Magnet
Disimpan khusus di lemari yang ada di laboratorium,jangan diletakkan
sembarangan karena jika terjatuh sifat kemagnetannya akan berkurang .magnet
tersebut dibungkus dengan karton pembungkus.
Perawatan ,sebaiknya jangan hanya disimpan ,karena sifat kemagnetannya lama
lama akan berkurang,sebaiknya digunakan pada waktu waktu khusus agar lebih
bermamfaat .
3.Rangkaian seri dan paralel
Disimpan didalam lemari di
laboratorium
Perawatan ,sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada bola lampu ,baterai yang
sudah tidak berfungsi atau diganti
sebelum alat tersebut dipergunakan kembali.
4.Mikroskop
Disimpan di kotak di masukkan ke dalam lemari yang ada pada laboratorium
atau disimpan di lemari kaca agar terlihat seperti pajangan.atau disimpan dalam
Dompet kanvas
Perawatan ,sebaiknya dilakukan pembersihan waktu waktu tertentu untuk
membersihkan dari debu .kertas untuk
pembersih kaca, kunci allen,obeng halus,alat khusus pembuka baut pengatur fokus
yang sesuai dengan mikroskop,alat semprot udara dilengkapi dengan sikat halus
untuk membersikan kaca
5.Model /gambar mata,telingan dan alat pencernaan
Biasanya Peralatan ini jarang disimpan /digulung gulung disimpan dilemari
laboratorium ,namun sering di tempelkan di dingding kelas atau didingding
ruangan laboratorium.
Perawatan, Di bersihkan dari debu debu yang menumpuk ,kemudian diberi
bingkai baik dari plastik kaca maupun kaca .
6.Gelas kimia
Disimpan di dalam kotak namun bisa juga di pajang di dalam lemari
kaca,dengan suhu tertentu agar gelas tersebut tidak memuai.
Perawatan , dalam jangka tertentu sebaiknya gelas dikeluarkan dari kotak
agar gelas mampu mengurangi Gerak muainya sehingga tidak pecah di dalam lemari
tersebut.
8.KIT IPA
Disimpan di dalam Boks Kit
Perawatan,Kit dibersikan dengan jangka waktu tertentu .
TUGAS 2
Merumuskan Indikator Indikator menjadi pernyataan tujuan Pembelajaran
1.Mengamati berbagai sumber energi dilingkungan sekitar
Tujuan Pembelajaran :
-
Siswa
dapat mengidentifikasi sumber energi berupa panas,listrik, cahaya, bunyi yang
ada dilingkungan sekitar .
2.Mengklasifikasikan Sumber – sumber Energi
Tujuan Pembelajaran :
-
Siswa
mampu mengelompokkan sumber – sumber energi yang timbul karena adanya perubahan
perubahan bentuk dalam alat rumah tangga.
3.Memberikan contoh sumber energi untuk energi panas
Tujuan Pembelajaran :
-
Siswa
mampu mengetahui contoh energi panas yang ditimbulkan dari sumber energi yang
dapat menghasilkan energi panas dalam alat rumah tangga.
4.Memberikan contoh sumber energi untuk listrik
Tujuan Pembelajaran :
- Siswa
mampu mengetahui sumber energi yang dapat menimbulkan listrik
- Siswa
mampu menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik dalam alat rumah
tangga
5.Memberikan contoh sumber energi
untuk energi cahaya
Tujuan Pembelajaran :
-
Siswa
mampu memahami perubahan bentuk energi dari sumber energi lain yang dapat
menimbulkan energi cahya.
6.Memberikan contoh sumber energi untuk bunyi
Tujuan Pembelajaran :
-
Siswa
mampu menjelaskan perubahan perubahan bentuk energi yang dapat menimbulkan
energi bunyi.
-
Siswa
dapat memahami contoh contoh sumber energi bunyi yang ditimbulkan dari
perubahan sumber sumber energi .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar