Senin, 09 Maret 2015

rpp ipa kelas 1 dan materi



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

NAMA SEKOLAH                           : SD ......
MATA PELAJARAN                      : IPS SD
KELAS /SEMESTER                      : I / Dua
ALOKASI WAKTU                         : 1 X 35 MENIT

A.STANDAR KOMPETENSI
2.Mendeskripsikan Lingkungan Rumah
B.Kompetensi Dasar
2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
C.Indikator
-  Menjelaskan lingkungan Sehat
- Menjelaskan lingkungan Kotor
- Menjelaskan cara menjaga kebersihan
D.Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan lingkungan Sehat
 - Siswa dapat menjelaskan lingkungan Kotor
- Siswa dapat menjelaskan cara menjaga lingkungan

v  Karakteristik yang diharapkan       : Disiplin ( Discipline )
  Tekun ( Diligence )
  Tanggung jawab ( Responsibility )
  Percaya diri ( Confidence )





E.METODE PEMBELAJARAN
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab
3.      Demonstrasi
4.      Penugasan
F.Materi Pokok
 - Lingkungan

G.LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
·         Ekplorasi
Dalam kegiatan Eksplorasi,Guru :
A.Kegiatan Awal
o   Mengisi daftar kelas,Berdoa ,mempersiapkan materi dan alat peraga
o   Memotivasi siswa untuk mengeluarkan pendapat
B.Kegiatan Inti
o   Guru menjelaskan pengertian Lingkungan
o   Guru menyebutkan jenis lingkungan serta pengertiannya
o   Guru menjelaskan Ciri ciri lingkungan Sehat
o   Guru meminta pendapat siswa mengenai ciri ciri lingkungan sehat yang ada disekitarnya.
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggambarkan lingkungan sehat yang ada disekitarnya kedalam buku
o   Guru menunjukkan beberapa lingkungan sehat melalui media
o   Guru menjelaskan bagaimana cara menjaga lingkungan Sehat
o   Guru dan siswa bertanya jawab mengenai materi pelajaran
o   Guru menjelaskan Ciri ciri lingkungan Kotor
o   Guru meminta pendapat siswa mengenai ciri ciri lingkungan kotor yang ada disekitarnya.
o   Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menggambarkan lingkungan kotor yang ada disekitarnya kedalam buku
o   Guru menunjukkan beberapa lingkungan kotor melalui media
o   Guru bersama dengan siswa menjelaskan bagaimana cara menjaga lingkungan
o   Guru dan siswa bertanya jawab mengenai materi pelajaran




·         Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi,Guru :

o   Memberi kesempatan untuk berpikir ,menganalisis,menyelesaikan masalah tanpa rasa takut
o   Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik secara lisan maupun tertulis,secara individual maupun kelompok.


·         Konfirmasi
Dalam kegiatan Konfirmasi,Guru :

o   Guru bertanya jawab tentang hal hal yang belum diketahui siswa
o   Guru dan siswa bertanya jawab meluruskan masalah pahaman ,memberikan penguatan dan kesimpulan
C.Kegiatan Akhir

o   Guru mengajukan pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
o   Guru dan siswa menyimpulkan materi yang diajarkan

H.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.      Buku Ips kelas I SD
2.      Gambar gambar yang relevan

I.Penilaian
Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen

-  Menjelaskan lingkungan Sehat

- Menjelaskan lingkungan Kotor

- Menjelaskan cara menjaga kebersihan




Tes Lisan

Tes tertulis



Uraian

Isian
-          Apa yang dimaksud dengan Lingkungan
-          Tuliskan ciri riri lingkungan sehat.
-          Tuliskan ciri ciri lingkungan kotor.
-          Tuliskan dan jelaskan cara menjaga lingkungan


Format Kriteria Penilaian      
roduk ( hasil diskusi )

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1


&  Performansi

No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Pengetahuan



Sikap
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan

* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
4
2
1

4
2
1





Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah skor
Nilai
Konsep
Pengetahuan



1
2
3
4
5







  CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...

        Mengetahui                                                                                
        Kepala Sekolah                                                       Guru Mapel IPS
          ..................................                                            ..................................
NIP :                                                                     NIP :








MATERI PEMBELAJARAN

Lingkungan

Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada dilingkungan kita.Misalnya ,ketika kita berada ruang kelas ,kita dikatakan berada dilingkungan kelas,begitu juga dengan di lingkungan rumah,kita sedang berada dirumah.lingkungan masyarakat maupun lingkungan lainnya.
1.      Lingkungan   Sehat
Lingkungan sehat adalah suatu keadaan yang bersih dan tidak kotor sehingga tidak timbul penyakit.
Kalau kita berbicara tentang Lingkungan Sehat maka tak lain arti dari Lingkungan sehat adalah lingkungan yang sehat.Lingkungan sehat bukan hanya sekedar sehat pada lingkungan udaranya saja, melainkan lingkungan yang tak kalah pentingnya juga adalah lingkungan tanah, lingkungan sosial, bahkan lingkungan manusianya pun juga mempengaruhi.
Pasti kita pernah jalan jalan ke suatu tempat,bagaimana rasanya,bagaimana dengan keadaan lingkungannya .  Pasti udaranya sejuk kan ??
Disebabkan karena tidak banyak pengguna kendaraan otomatis udaramengeluarkan  asap kotor/polusi udara sehingga tidak terlalu tercemar dan membuatnya sejuk. Misalkan di halaman rumahmu banyak tanaman. Oksigen yang dihasilkan oleh tanaman tersebut akan banyak.Udara di sekitarnya akan terasa nyaman dan segar.Adakah sungai atau parit di sekitar rumahmu?
Apakah sungai dan parit tersebut penuh sampah?
Air sungai yang sehat adalah air sungai yang bersih dan jernih. Tidak ada sampah yang berserakan. Biasanya, masih ada ikan yang hidup di sungai itu. Parit di rumahmu harus selalu dibersihkan.
Jangan ada sampah yang menyumbat aliran airnya. Parit yang sehat harus jernih dan bersih agar terhindar dari sarang nyamuk.

1.1  Syarat lingkungan sehat
Ada 3 syarat pokok yang harus diperhatikan yaitu:
1. Kebersihan
2. Kerapihan
3. Keindahan

1.2  Manfaat dari lingkungan sehat

- Dapat menciptakan keindahan dan kenyamanan
- Dapat menyehatkan tubuh
- Jauh dari penyakit

1.3 Cara menciptakan lingkungan sehat:

Ada beberapa cara untuk menjadikan lingkungan yang sehat diantaranya adalah:
a. Menanam tanaman peneduh disekitar kita
Tanaman peneduh adalah tanaman yang berfungsi untuk melindungi kita dari panas matahari sehingga apabila kita berada dekat dengan tanaman tersebut terasa teduh dan tidak panas.
Contohnya tanaman buah yaitu pohon mangga, rambutan dll, beringin, mahoni, ketapang.
b. Menanam tanaman penyerap racun
Tanaman penyerap racun adalah tanaman yang berfungsi menyerap gas-gas beracun.
Seperti CO2 yang ada diudara diserap dan diubah menjadi Oksigen yang dibutuhkan mahluk hidup untuk bernapas.
Contohnya tanaman puring-puringan, tanaman bunga sepatu.
c. Menanam tanaman yang menimbulkan aroma terapi yang segar
Tanaman aroma terapi adalah tanaman yang dapat mengeluarkan bau yang menyegarkan.
Contohnya bunga melati, bunga kenanga.
2.Lingkungan Tak Sehat
Coba kita perhatikan lingkungan yang ada disekitar kita,baik berupa lingkungan  pasar,lingkungan  rumah ,lingkungan masyarakat.Bagaimana menurut Kamu   ?
Sekarang banyak lingkungan yang tidak sehat di sekitar kita. Apakah penyebab hal tersebut?
Lingkungan tidak sehat adalah lingkungan yang kotor. Lingkungan yang kotor berarti lingkungan tersebut sudah tercemar. Pencemaran lingkungan terbagi atas pencemaran air, udara, dan tanah.
http://www.crayonpedia.org/wiki/images/c/c6/Kesehatan_L_6.jpg


3.Menjaga Lingkungan
Setelah mempelajari lingkungan sehat dan kotor tersebut ,secara umum cara menjaga lingkungan yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :
ü  Membersihan lingkungan dengan cara menyapu,membersihkan dari berbagai sampah
ü  Membersihakan parit atau selokan yang ada disekitar rumah atau sekitar kita
ü  Membuat atau meletakkan tempat sampah dilingkungan rumah,lingkungan masyarakat,di pinggir jalan,supaya ketika ada orang yang ingin membuang sampah  akan membuang ke tempat sampah tersebut ,maka lingkungan itu juga jauh dari sampah
ü  Membersihakan rumput rumput panjang serta menata dengan baik
ü  Menanam berbagai pohon  agar lingkungan sejuk,menata rapi berbagai taman,menata rapi posisi benda benda yang ada agar tampak rapi dan indah dipandang.
ü   Memposisikan suatu benda di tempat yang tepat .
ü  Merapikan berbagai benda benda yang berserakan baik itu dilantai,tempat tidur,kamar mandi maupun tempat lain.
ü  Menyediakan berbagai jenis bunga di ruang tamu,di halaman rumah ,maupun tempat lainnya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar