RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
NAMA SEKOLAH :
SD ......
MATA PELAJARAN :
IPS SD
KELAS /SEMESTER :
I / Dua
ALOKASI WAKTU :
1 X 35 MENIT
A.STANDAR KOMPETENSI
2.Mendeskripsikan
Lingkungan Rumah
B.Kompetensi
Dasar
2.3 Menjelaskan lingkungan rumah sehat dan
perilaku dalam menjaga kebersihan rumah
C.Indikator
- Menjelaskan lingkungan Sehat
- Menjelaskan lingkungan Kotor
- Menjelaskan cara menjaga kebersihan
D.Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan lingkungan
Sehat
-
Siswa dapat menjelaskan lingkungan Kotor
- Siswa dapat menjelaskan cara menjaga
lingkungan
v Karakteristik yang
diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( Diligence )
Tanggung jawab ( Responsibility )
Percaya diri ( Confidence )
E.METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Demonstrasi
4.
Penugasan
F.Materi Pokok
- Lingkungan
G.LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
·
Ekplorasi
Dalam kegiatan Eksplorasi,Guru :
A.Kegiatan Awal
o
Mengisi daftar
kelas,Berdoa ,mempersiapkan materi dan alat peraga
o
Memotivasi siswa untuk mengeluarkan
pendapat
B.Kegiatan Inti
o
Guru menjelaskan
pengertian Lingkungan
o
Guru menyebutkan jenis
lingkungan serta pengertiannya
o
Guru menjelaskan Ciri
ciri lingkungan Sehat
o
Guru meminta pendapat
siswa mengenai ciri ciri lingkungan sehat yang ada disekitarnya.
o
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menggambarkan lingkungan sehat yang ada
disekitarnya kedalam buku
o
Guru menunjukkan
beberapa lingkungan sehat melalui media
o
Guru menjelaskan
bagaimana cara menjaga lingkungan Sehat
o
Guru dan siswa bertanya
jawab mengenai materi pelajaran
o
Guru menjelaskan Ciri
ciri lingkungan Kotor
o
Guru meminta pendapat
siswa mengenai ciri ciri lingkungan kotor yang ada disekitarnya.
o
Guru memberikan
kesempatan kepada siswa untuk menggambarkan lingkungan kotor yang ada
disekitarnya kedalam buku
o
Guru menunjukkan
beberapa lingkungan kotor melalui media
o
Guru bersama dengan
siswa menjelaskan bagaimana cara menjaga lingkungan
o
Guru dan siswa bertanya
jawab mengenai materi pelajaran
·
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi,Guru :
o
Memberi kesempatan
untuk berpikir ,menganalisis,menyelesaikan masalah tanpa rasa takut
o
Memfasilitasi peserta
didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik secara lisan maupun
tertulis,secara individual maupun kelompok.
·
Konfirmasi
Dalam
kegiatan Konfirmasi,Guru :
o
Guru bertanya jawab
tentang hal hal yang belum diketahui siswa
o
Guru dan siswa bertanya
jawab meluruskan masalah pahaman ,memberikan penguatan dan kesimpulan
C.Kegiatan Akhir
o
Guru mengajukan
pertanyaan sekitar materi yang diajarkan
o
Guru dan siswa
menyimpulkan materi yang diajarkan
H.ALAT DAN SUMBER BELAJAR
1.
Buku Ips kelas I SD
2.
Gambar gambar yang
relevan
I.Penilaian
Penilaian
dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
- Menjelaskan lingkungan Sehat
-
Menjelaskan lingkungan Kotor
-
Menjelaskan cara menjaga kebersihan
|
Tes Lisan
Tes tertulis
|
Uraian
Isian
|
-
Apa yang dimaksud dengan Lingkungan
-
Tuliskan ciri riri lingkungan sehat.
-
Tuliskan ciri ciri lingkungan kotor.
-
Tuliskan dan jelaskan cara menjaga
lingkungan
|
Format Kriteria Penilaian
roduk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
*
kadang-kadang Pengetahuan
* tidak
Pengetahuan
* Sikap
*
kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama
Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
|
Konsep
|
Pengetahuan
|
|
|
|
||
1
2
3
4
5
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka
diadakan Remedial.
............,
......................20 ...
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Mapel IPS
.................................. ..................................
NIP
: NIP
:
MATERI
PEMBELAJARAN
Lingkungan
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia yang memengaruhi perkembangan kehidupan manusia baik langsung maupun tidak langsung. Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada dilingkungan kita.Misalnya ,ketika kita berada ruang kelas ,kita dikatakan berada dilingkungan kelas,begitu juga dengan di lingkungan rumah,kita sedang berada dirumah.lingkungan masyarakat maupun lingkungan lainnya.
1.
Lingkungan Sehat
Lingkungan sehat
adalah suatu keadaan yang bersih dan tidak kotor sehingga tidak timbul
penyakit.
Kalau kita berbicara tentang Lingkungan Sehat maka tak lain
arti dari Lingkungan sehat adalah lingkungan yang sehat.Lingkungan sehat bukan
hanya sekedar sehat pada lingkungan udaranya saja, melainkan lingkungan yang
tak kalah pentingnya juga adalah lingkungan tanah, lingkungan sosial, bahkan
lingkungan manusianya pun juga mempengaruhi.
Pasti kita pernah jalan jalan ke suatu tempat,bagaimana rasanya,bagaimana dengan keadaan lingkungannya . Pasti udaranya sejuk kan ??
Disebabkan karena tidak banyak pengguna kendaraan otomatis udaramengeluarkan asap kotor/polusi udara sehingga tidak terlalu tercemar dan membuatnya sejuk. Misalkan di halaman rumahmu banyak tanaman. Oksigen yang dihasilkan oleh tanaman tersebut akan banyak.Udara di sekitarnya akan terasa nyaman dan segar.Adakah sungai atau parit di sekitar rumahmu?
Apakah sungai dan parit tersebut penuh sampah?
Air sungai yang sehat adalah air sungai yang bersih dan jernih. Tidak ada sampah yang berserakan. Biasanya, masih ada ikan yang hidup di sungai itu. Parit di rumahmu harus selalu dibersihkan.
Jangan ada sampah yang menyumbat aliran airnya. Parit yang sehat harus jernih dan bersih agar terhindar dari sarang nyamuk.
Pasti kita pernah jalan jalan ke suatu tempat,bagaimana rasanya,bagaimana dengan keadaan lingkungannya . Pasti udaranya sejuk kan ??
Disebabkan karena tidak banyak pengguna kendaraan otomatis udaramengeluarkan asap kotor/polusi udara sehingga tidak terlalu tercemar dan membuatnya sejuk. Misalkan di halaman rumahmu banyak tanaman. Oksigen yang dihasilkan oleh tanaman tersebut akan banyak.Udara di sekitarnya akan terasa nyaman dan segar.Adakah sungai atau parit di sekitar rumahmu?
Apakah sungai dan parit tersebut penuh sampah?
Air sungai yang sehat adalah air sungai yang bersih dan jernih. Tidak ada sampah yang berserakan. Biasanya, masih ada ikan yang hidup di sungai itu. Parit di rumahmu harus selalu dibersihkan.
Jangan ada sampah yang menyumbat aliran airnya. Parit yang sehat harus jernih dan bersih agar terhindar dari sarang nyamuk.
1.1 Syarat lingkungan sehat
Ada 3 syarat
pokok yang harus diperhatikan yaitu:
1. Kebersihan
2. Kerapihan
3. Keindahan
1. Kebersihan
2. Kerapihan
3. Keindahan
1.2 Manfaat dari lingkungan sehat
- Dapat menciptakan keindahan dan kenyamanan
- Dapat menyehatkan tubuh
- Jauh dari penyakit
1.3 Cara menciptakan lingkungan sehat:
Ada beberapa cara untuk menjadikan lingkungan yang sehat diantaranya adalah:
a. Menanam tanaman peneduh disekitar kita
Tanaman peneduh adalah tanaman yang berfungsi untuk melindungi kita dari panas matahari sehingga apabila kita berada dekat dengan tanaman tersebut terasa teduh dan tidak panas.
Contohnya tanaman buah yaitu pohon mangga, rambutan dll, beringin, mahoni, ketapang.
b. Menanam tanaman penyerap racun
Tanaman penyerap racun adalah tanaman yang berfungsi menyerap gas-gas beracun.
Seperti CO2 yang ada diudara diserap dan diubah menjadi Oksigen yang dibutuhkan mahluk hidup untuk bernapas.
Contohnya tanaman puring-puringan, tanaman bunga sepatu.
c. Menanam tanaman yang menimbulkan aroma terapi yang segar
Tanaman aroma terapi adalah tanaman yang dapat mengeluarkan bau yang menyegarkan.
Contohnya bunga melati, bunga kenanga.
2.Lingkungan Tak Sehat
Coba kita perhatikan lingkungan yang ada disekitar kita,baik berupa lingkungan pasar,lingkungan rumah ,lingkungan masyarakat.Bagaimana menurut Kamu ?
Sekarang banyak lingkungan yang tidak sehat di sekitar kita. Apakah penyebab hal tersebut?
Lingkungan tidak sehat adalah lingkungan yang kotor. Lingkungan yang kotor berarti lingkungan tersebut sudah tercemar. Pencemaran lingkungan terbagi atas pencemaran air, udara, dan tanah.
Coba kita perhatikan lingkungan yang ada disekitar kita,baik berupa lingkungan pasar,lingkungan rumah ,lingkungan masyarakat.Bagaimana menurut Kamu ?
Sekarang banyak lingkungan yang tidak sehat di sekitar kita. Apakah penyebab hal tersebut?
Lingkungan tidak sehat adalah lingkungan yang kotor. Lingkungan yang kotor berarti lingkungan tersebut sudah tercemar. Pencemaran lingkungan terbagi atas pencemaran air, udara, dan tanah.
3.Menjaga Lingkungan
Setelah
mempelajari lingkungan sehat dan kotor tersebut ,secara umum cara menjaga
lingkungan yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut :
ü Membersihan
lingkungan dengan cara menyapu,membersihkan dari berbagai sampah
ü Membersihakan
parit atau selokan yang ada disekitar rumah atau sekitar kita
ü Membuat
atau meletakkan tempat sampah dilingkungan rumah,lingkungan masyarakat,di
pinggir jalan,supaya ketika ada orang yang ingin membuang sampah akan membuang ke tempat sampah tersebut ,maka
lingkungan itu juga jauh dari sampah
ü Membersihakan
rumput rumput panjang serta menata dengan baik
ü Menanam
berbagai pohon agar lingkungan
sejuk,menata rapi berbagai taman,menata rapi posisi benda benda yang ada agar
tampak rapi dan indah dipandang.
ü Memposisikan suatu benda di tempat yang tepat
.
ü Merapikan
berbagai benda benda yang berserakan baik itu dilantai,tempat tidur,kamar mandi
maupun tempat lain.
ü Menyediakan
berbagai jenis bunga di ruang tamu,di halaman rumah ,maupun tempat lainnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar