Rabu, 24 Mei 2017

PKM SEM 5 UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ MEDAN



Kepada
Yth.Kepala UPBJJ UT MEDAN
Di Tempat                 
Surat Kesediaan menjadi supervisor 2

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama               : Heppi Gultom,S.Pd
Asal Tk            : Maria Mutiara
Alamat Tk       : Jl.Mgr.Albertus Sugyopranoto Sj No I Sibolga

Dengan ini menyatakan bersedia menjadi supervisor 2 yang akan menilai dan memberi masukan terhadap pelaksanaan praktik mengajar dalam mata kuliah PKM
(Pemantapan Kemampuan Mengajar),yang akan dilakukan oleh mahasiswa tersebut dibawah ini :
Nama               : Nurlatifa Panggabean
NIM                : 825938469

Demikian, Surat Kesediaan menjadi supervisor 2 ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sibolga, 4 april 2017
Supervisor 2


Heppi Gultom,S.Pd



Kepada
Yth.Kepala UPBJJ UT MEDAN
Di Tempat                 
Surat Rekomendasi Kepala TK

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama               : Heppi Gultom,S.Pd
Asal Tk            : Maria Mutiara
Alamat Tk       : Jl.Mgr.Albertus Sugyopranoto Sj No I Sibolga

Dengan ini menyatakan bahwa supervisor 2 yang bernama Heppi Gultom,S.Pd dapat menilai dan memberi masukan pelaksanaan PKM mahasiswa berikut ini :

Nama               : Nurlatifa Panggabean
NIM                : 825938469

Demikian surat kesediaan ini dibuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya

Sibolga,4 April 2017
Kepala TK Maria Mutiara


Heppi Gultom,S.Pd




A.PENDAHULUAN
1.Latar Belakang Pembuatan Laporan

P
rofesi yang paling berperan dalam dunia pendidikan adalah guru dengan kata lain guru mempunyai posisi vital dalam perkembangan kehidupan manusia yan dinamis ini.Oleh karena itu seiring dengan perkembangan ilmu dan pengetahuan dan teknologi,kualifikasi akademik guru harus selalu ditingkatkan guna menghasilkan generasi yang lebih baik dihari esok.Untuk itu kemampuan mengajar merupakan kemmpuan utama bagi mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ) termasuk mahasiswa program S1 Pendidikan Anak Usia Dini ( PGPAUD ),perlu mengembangkan kemampuan mengajarnya karena mengajar merupakan sarana untuk menyampaikan ilmu pengetahuan dan pesan moral kepada anak didik.
Untuk Meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan,seorang guru harus mengetahui kelemahan dan kelebihannya dalam mengajar agar mendapatkan  masukan untuk memperbaiki rencana pembelajaran selanjutnya.
Mata kuliah Pemantapan Kemampuan Mengajar ( PKM )akan memantapkan dan menguji kemampuan mahasiswa untuk merancang rencana kegiatan harian ( RKH ) dan melaksanakan praktik pengembangan berdasarkan RKH serta mengevalusi hasil belajar peserta didik.











1
2.Tujuan mengikuti PKM
Pemantapan Kemampuan Mengajar (PKM),peran guru sangat penting dalam menyiapkan generasi penerus yang unggul dalam masa mendatang, maka dari itu diperlukan suatu pembelajaran yang khusus mata kuliah yang dapat menunjang guru TK/RA dalam meningkatkan kualitas mengajarnya.
Adapun Tujuan mengikuti PKM adalah.
1.      Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pengembangan secara efektif dan efisien.
2.      Untuk dapat mengidentifikasi kelebihan dan kelemahan dalam mengajar melalui refleksi yang akan menjadi bahan perbaikan bagi guru yang melaksanakan pembelajaran.
3.      Memberikan penjelasan kepada mahasiswa tentang segala halyang terkait dengan mata kuliah PKM, mulai dari hal hal yang terkait dengan penyelenggaraan dan operasional dilapangan.
4.      Untuk melatih dan membekali mahasiswa agar memiliki kemampuan pembelajaran seperti mempersiapkan,merancang,melaksanakan,mengevaluasi dan memperbaiki.
5.      Supaya dapat melaksanakanpembelajaran secara efektif dengan mengacu pada rencana pembelajaran terpadu
6.      Supaya dapat memperbaiki kekurangan-kekurangan dalam mengajar
7.      Berwawasan luas dalam pendidikan anak usia dini









2
3.Mamfaat Mengikuti Mata Kuliah PKM
Seorang guru TK akan mendapatkan mamfaat setelah mengikuti mata kuliah PKM ini.
Adapun mamfaat yang diperoleh dari mengikuti Mata Kuliah PKM adalah :
1.      Memiliki pengalaman belajar dalam menerapkan berbagai pengetahuan dan pengalaman yang telah mahasiswa peroleh melalui tindak belajar yang dipraktikkan.
2.      Mempunyai kemampuan untuk menilai kekuatan dan kelemahan diri sendiri dalam merancang dan melakukan pembelajaran,serta melakukan berbagai upaya untuk memperbaiki kekurangan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan pengembangan.
3.      Terbiasa mengambil keputusan dan melakukan perbaikan pembelajaran berdasarkan kaidah-kaidah keilmuan dan dapat mempertanggung jawabkan kebenarannya.
4.      Memiliki kemampuan untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dengan memperhatikan karakteristik kebutuhan siswa.














3
KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbil’alamin,Puji syukur Penulis panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya,sehingga Penyusun dapat menyelesaikan Penyusunan Laporan Hasil Praktek Mengajar di TK MARIA MUTIARA SIBOLGA.
Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas Mata Kuliah PKM ( Pemantapan Kuliah Belajar )yang merupakan salah satu mata Kuliah S-1 PG-PAUD semester V ( Lima ).Dalam pemantapan,Mahasiswa merancang RKH dan melaksanakan Praktek Pembelajaran.
Tidak Lupa saya mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang bersangkutan yang telah membantu saya dalam menyusun Laporan ini,melalui bimbingan Dosen Ramsa Lumban gaol,S.Pd,M.Psi, selaku supervisor dan pembimbing Mata Kuliah yang telah meluangkan waktu untuk mendidik dan membimbing dalam penulisan laporan ini.Ibu Heppi Gultom,S.Pd selaku supervisor kepala TK MARIA MUTIARA yang telah memberi izin dan membimbing dalam pelaksanaan praktek mengajar di sekolahnya.Guru-guru TK MARIA MUTIARA selaku rekan kerja di TK MARIA MUTIARA yang telah membantu kelancaran pelaksanaan PKM .
Penulis menyadari bahwa dalam Penulisan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan.Oleh karena itu,saran dan kritik dari pembaca yang budiman senantiasa kami harapkan.Semoga Laporan Pemantapan Kemampuan Mengajar ini bermamfaat bagi peningkatan pendidikan dan bagi Saya sebagai guru.
Sibolga,  April 2017
Mahasiswa
Nurlatifa Panggabean
                                                                 ii
DAFTAR ISI

Pengesahan Laporan   ..........................................................................                      i
Kata Pengantar           ..........................................................................                      ii
Daftar Isi                     ..........................................................................                      iii
A.Pendahuluan           ................................................................        .........               1
1.      Latar Belakang Pembuatan Laporan   ..........................................                  1
2.      Tujuan Mengikuti PKM                      ..........................................                  2
3.      Mamfaat Mengikuti Mata Kuliah PKM         ................................                3
B.Temuan-temuan dalam Pembelajaran                      ...............................                 4
1.      Temuan RKH 1           ...............................................................                     4
2.      Temuan RKH 2           ...............................................................                     5
3.      Temuan RKH 3           ..............................................................                      6
4.      Temuan RKH 4           ..............................................................                      7
5.      Temuan RKH 5           ..............................................................                      8
6.      Temuan RKH 6           ..............................................................                      9
7.      Temuan RKH 7           ..............................................................                      10
8.      Temuan RKH 8           .............................................................                       11
C.Kesimpulan             ........................................................................                        12
D.Saran dan Tindak Lanjut    ..............................................................                      14
E.Rencana Kegiatan Harian    .............................................................                       15
1.      RKH 1                       .............................................................                       16
2.      RKH 2                       .............................................................                       27
3.      RKH 3                       .............................................................


                       




PENGESAHAN LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN MENGAJAR ( PKM )

Laporan ini disusun dan diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah PKM (Pemantapan Kemampuan Mengajar) dengan data sebagai berikut :
Nama                                           : Nurlatifa Panggabean
NIIM                                           : 825938469
Tempat Pelaksanaan Mengajar   : TK MARIA MUTIARA
Kelompok                                   : B
Alamat                                        : Jl.Mgr.Albertus Sugyopranoto Sj No I Sibolga
Waktu Pelaksanaan                    : 2 April s/d 29 April 2017
Telah diterima dan disahkan sebagai syarat untuk mengikuti ujian PKM S-1 PG.PAUD FKIP Universitas Terbuka UPBJJ-Medan,April 2017.


Mengesahkan,
Supervisor 1                                                                          Mahasiswa
                                                                                    
Ramsa L.Gaol.S.Pd.M.Psi                                                             Nurlatifa Panggabean
                                                                                             825938469










i
C.KESIMPULAN

1.      Secara umum kelemahan pengembangan yang saya lakukan adalah :
Dalam menyampaikan materi gaya bicara saya terlalu cepat sehingga anak-anak terlambat mengikuti apa yang harus dilakukan.Kurangnya saya dalam mengelolah kelas sehingga ada anak yang menimbulkan masalah dan membuat keributan dan Suara saya kurang lantang untuk menyampaikan materi sehingga masih ada anak-anak yang belum melaksanakan tugasnya karena tidak mendengarkan apa yang disampaikan guru karena masih asyik ngobrol dengan temannya.Kurangnya saya dalam memahami karakter anak  pada saat meraka ingin belajar atau tidak ingin belajar sehingga anak anak tersebut tidak ingin menyelesaikan tugas yang diberikan guru.
2.      Secara umum penyebab kelemahan tersebut adalah :
Kurangnya penguasaan kelas,kurangnya motivasi dan memahami karakter anak yang berubah ubah setiap hari dan kuranngnya penguasaan materi yang disampaikan.
3.      Secara umum kelebihan pengembangan yang saya lakukan adalah :
Dalam penggunaan media yang bervariasi setiap harinya membuat anak-anak bersemangat untuk mengerjakannya walaupun kesulitan tetapi tidak segan meminta bantuan kepada guru untuk membantunya menyelesaiakan tugasnya.Pemilihan metode pembelajaran yang sesuai dengan materi sehingga Anak-anak menjadi lebih aktif dalam mengerjakan tugasnya karena sudah memahami apa yang harus dilakukan dalam mengerjakannya.
4.      Secara umum penyebab kelebihan tersebut adalah :
Media yang bervariasi setiap pergantian tema,Memahami kemampuan anak sejauh mana mereka bisa dan mampu untuk mengerjakan materi yang disampaikan.



12
5.      Rangkuman perbaikan pengembangan yang telah dilakukan adalah :
a.       Saya akan lebih aktif berkomunikasi  dengan anak-anak yang membutuhkan perhatian terutama anak yang pendiam.
b.      Saya akan lebih mempersiapkan materi yang cepat ditangkap dan dipahami anak agar proses pembelajaran tetap terkendali.
c.       Saya akan belajar memahami karakter anak saat mereka semangat dan tidak semangat baik dari rumah maupun dalam kegiatan belajar tetap memberi motivasi agar anak- anak tetap ceria dan bersemangat.
d.      Saya akan selalu membuat media yang bervariasi agar proses belajar mengajar tidak membosankan.
e.       Memposisikan cara bicara yang tepat dimana saatnya lantang dan lembut dalam menyampaikan pembelajaran.
f.       Saya Akan memberikan penghargaan berupa pujian kepada anak

















13
D.Saran dan Tindak Lanjut

Berdasarkan kesimpulan tersebut diatas,hal-hal yang sebaiknya dilakukan pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran adalah :
1.      Sebelum pembelajaran berlangsung,pendidik hendaknya menguasai materi terlebih dahulu
2.      Pendidik hendaknya menggunakan metode yang dapat memotivasi anak
3.      Dalam menyampaikan materi hendaknya dibantu dengan benda-benda yang bisa dilihat langsung oleh anak-anak
4.      Siswa yang kurang dan lamban belajar,harus banyak berlatih dan diberi bimbingan khusus sehingga dapat mengejar kekurangannya.
5.      Guru lebih mengadakan pendekatan kepada siswa,sehingga dapat memahami karakter anak-anak.

















14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar