Minggu, 01 Maret 2015

nama peralatan ipa di SD



TUGAS 3

Tabel
Nama Peralatan IPA di SD

No
Nama Peralatan
Ciri -Ciri
Bahan Penyusun
Kegunaan
1
Rangka anggota tubuh/anatomi manusia

-          Bentuk persis seperti stuktur manusia/aslinya
-          Warna krem
-          Pengecatan menggunakan bahan cat anti Toxin yang aman
-          Di beri No dan dilengkapi dengan petunjuk
- plastik PVC durabel
Media yang digunakan untuk mempermudah penjelasan mengenai struktur anggota tubuh manusia,karena benda media tersebut nyata dilihat oleh siswa sehingga siswa mudah untuk mengingat anggota tubuh manusia.
2
Model/gambar dingding mata
-          Gambar mata
-          Bentuk persegi
-          Memiliki keterangan keterangan/petunjuk bagian –bagian mata
-          kertas
-          lukisan mata
Media yang digunakan untuk menerangkan bagian-bagian mata manusia ,biasanya ditempelkan didingding kelas maka saat kapanpun siswa dapat melihat gambar tersebut karena keterangan gambar mata telah ada.

3
Kaca pembesar
-          Pembesaran 3-5 kali
-          Lensa kaca dia 50 mm
-          Berbingkai logam stainless steel dilengkapi dengan pemegang
-          kaca
-          Plastik pada pemegang
Digunakan untuk memperjelas benda benda kecil serta menunjukkan lensa cekung dan cembung pada kaca tersebut
4
Model/gambar dingding telinga
-          kertas
-          berupa lukisan telinga  bagian luar dan bagian dalam telinga
-          Bentuk persegi yang dilengkapi petunjuk keterangan gambar
-          kertas
-          Gambar telinga
Sebagai media untuk memperkenalkan bagian luar maupun dan dalam telinga,
Yang disertai dengan keterangan gambar sehingga siswa lebih mudah mengingat.
5
Gelas kimia
-          kaca bening
-          ukuran kecil ,sedang
-          pada bagian atas terdapat ceret ( Bibir tuang )
-          kaca borossilikat
Digunakan untuk media percobaan untuk membuktikan secara langsung apa yang mau diuji,biasanya dilakukan dilaboratorium
6
Macam macam magnet
-          terbuat dari besi/baja
-          keras
-          bentuk batang,ladam,jarum,U,
-          terdapat 2 warna yaitu merah dan biru
- besi/baja
Digunakan sebagai media praktek agar siswa tanggap lebih cepat untuk mengetahui sifat sifat magnet.
7
Rangkaian seri dan paralel
- bentuk rangkaian seri dan paralel
- rangkaian tersusun dari bola lampu kecil ,baterai,kabel.
- ada rangkaian baterai dan sumber listrik disusun sejajar,ada rangkaian baterai atau sumber listrik disusun berderet.
- bola lampu kecil
- kabel listrik
- balok/papan sebagai wadah
- baterai
-saklar
Digunakan untuk petunjuk bagi siswa untuk mengetahui bagaimana rangkaian seri dan rangkaian paralel disusun agar mereka bisa membentuk rangkaian baru sesuai dengan sampel.
8
Mikroskop
-          3 lensa okuler
-          3 lensa okromatik
-          Diagram disk
-          Cermin datar dan cekung
-          Meja horizontal dan penjepit mikrokroslide
-          Terdapat pengatur fokus halus dan kasar
-          Terdapat komponenn pengungci sehingga lensa tidak menyentuh kaca obyek
Besi
(Plastik.kaca untuk bagian bagian mikroskop)
Digunakan untuk membantu penelitian obyek tertentu agar langsung dilihat.
9
Carta alat pencernaan
-          terbuat dari kertas /hara
-          gambar alat pencernaan manusia
-          bentuk persegi yang dibingkai dengan kaca di terletak didingding kelas namun ada juga di dingding laboratorium
-          pada alat pencernaan diberi huruf huruf tertentu,lalu di pojok bawah diberi keterangan gambar sesuai Huruf tersebut
-          offsett berwarna pada kertas

Digunakan sebagai media petunjuk alat alat pencernaan manusia serta letak posisi alat alat pencernaan manusia dalam anggota tubuh manusia ,agar siswa lebih paham dan mudah menangkap letak alat pencernaan manusia.
10
Carta ,peredaran darah manusia
-          memiliki keterangan nama dan bagian – bagiannnya
-          Gambar peredaran darah manusia
Offset berwarna pada kertas
Menunjukkan contoh sel darah manusia ( sistem peredaran darah besar dan kecil .
11
Preparat kering sel darah merah
-          memiliki keterangan nama dan bagian bagian nya
-          - Gambar sel darah merah

Memperlihatkan sel darah merah manusia
12
Carta.alat indera
- memiliki keterangan nama dan bagian bagian Alat Indera
Offset berwarna pada kertas
Menunjukkan bagian bagian mata ,telinga,hidung,kulit,lidah






13       KIT IPA               Komponen setiap KIT ditempatkan pada suatu dudukan yang terbuat dari Vakum Plastik putih /abu abu muda.tebal min 1,6 mm dan ditempatkan didalam kotak bokx KIT yang warna sesuai dengan KITnya ,Boks KIT mudah dibersikan dan dilengkapi dengan pengunci yang kokoh

1.KIT Magnet


Untuk mendukung media yang sesuai dengan konsep pembelajaran

1.1 Magnet batang
- terdiri dari warna merah dan biru pada setiap kutup magnet

 Al nisco

1.2 pengapung magnet
-permukaan atas terdapat celah untuk penyimpanan magnet batang
stayrofoam

1.3.pan ( cawan )

plastik

1.4.wadah alat

plastik

1.5.Kotak alat
- dicat
- dilengkapi dengan tutu p,disablon dengan permanen dengan kedua sisi
NDF 9mm dan 3 mm





Tempat penyimpanan KIT magnet

2.KIT PANAS


Untuk mendukung media yang sesuai dengan konsep pembelajaran

2.1.Termometer skala
- panjang 500mm,tabung 6-7 mm,skala 10 – 110 cm,berisi cairan alkohol berwarna

gelas
Sebagai alat pengukur
2.2 batang besi
-
Seperti balok kecil
besi

2.3 batang kaca
- seperti balok kecil
kaca


2.4 Pembakar spritus
- Dilengkapi dengan sumbu ,pembakar sumbu dan penutup
- Sambungan antara unit sumbu dengan kepala pembakar spiritus diberi saking supaya tidak bocor
Stainless steel
Tempat pembakaran spritus ( kompor )
2.5.Batang pengaduk
- ukuran 175  x 6 mm
- satu ujung bulat dan ujung lain pipih
kaca
Untuk meremukkan kristal

3.KIT Air
                    rainer kit ini dapat digunakan sebagai sarana pendukung Proses pembelajaran praktik IPA materi Air
3.1 Gelas kimia
Tanpa skala
Plastik

3.2.Selang plastik panjang
- digulung dengan lapisan plastik ukuran panjang
Ukuran 11 mm – 10,7mm
Plastik  transparan

3.3. selang plastik pendek
-
Digulung dengan lapisan plastik dengan ukuran pendek,ukuran 9mm-6mm
Plastik ,transparan








4.KIT LISTRIK


rainer kit ini dapat digunakan sebagai sarana pendukung Proses pembelajaran praktik IPA materi listrik, pengenalan simbol dan bahan beberapa jenis penghantar arus listrik sampai dengan simulasi perubahan energi listrik sangat mudah dipahami, sehingga pencapaian kompetensi lebih maksimal

5.KIT Neraca




6.KIT  Bunyi


rainer kit ini dapat digunakan sebagai sarana pendukung Proses pembelajaran praktik IPA materi bunyi, serta betuk perubahan bunyi

























Tabel
Klasifikasi Peralatan IPA

No
Bahan Penyusun
Nama Alat
Faktor penyebab kerusakan
1
Kaca
1.Gelas kimia

2.Kaca pembesar
1.Pecah atau terjadinya proses pemuaian pada tempat penyimpanan gelas  karena terlalu panas maupun terlalu padat

2.terjadi pemuaian pada bagian kaca.
2
Logam
1.Mikroskop
( terbuat dari susunan berbagai besi )

2.Magnet ( besi dan baja )

3.batang besi
4.batang kaca

1.- lensa fokus tidak berfungsi lagi .
- anak pupil tidak

2.Karena terlalu lama tersimpan sehingga kekuatan magnetnya berkurang


3
Plastik
1.Anatomi manusia
2.Bahan bahan Kit IPA yang sesuai dengan alatnya

Faktor kerusakan sangat sedikit.
4
Karet,
Model,
Carta
1.torso manusia

2.Model alat pencernaan

3.model/gambar dingding telinga

4.model/gambar dingding mata
5.Carta ,peredaran darah manusia
6.Carta ,alat indera
7.model kompas
1.- terlalu lama berdebu sehingga bagian bagian model terkikis/terkelupas,dan bahan penyusunnya pudar .alat ini disimpan di laboratorium.

2.- kemungkinan  rusak  sangat tipis karena ditutupi dengan bingkai ,kecuali jatuh dan gambar tersebut kena air atau robek.media ini di pajangkan di dingding kelas/laboratorium

3.faktor kerusakan sangat sedikit ,kecuali kena air,robek dan digulung gulung .dipajangkan di dingding kelas.

4.faktor kerusakan sangat sedikit ,kecuali kena air ,robek dan digulung gulung ,karena media ini jarang disimpan di lemari lemari khusus penyimpanan alat alat media lainnya namun media ini di pajangkan di dingding .
7,pecah
5
Elektronik
1.rangkaian listrik paralel dan seri
1.- baterai tidak menghasilkan energi lagi.
- Bola lampu putus,sehingga rangkaian tersebut tidak berfingsi lagi.
6
Alumanium
1,
1.





Nama peralatan IPA yang sering kami gunakan ,yaitu :

1.Torso manusia

Digunakan ketika pembelajaran struktur tubuh manusia di kelas 4 SD,mulai dari rangka kepala,rangka anggota gerak dan rangka badan

2.Mikroskop

Ketika di SD kami hanya dijelaskan fungsi masing masing penyusun badan mikroskop,namun di SMA kami menggunakan langsung mikroskop untuk mengetahui langsung bagaimana denyut nadi hewan bergetar serta aliran darah  tubuh hewan kususnya Katak,cacing,dst.
Ketika kita letakkan obyek di tempat obyek, dekatkan kaca obyek tetapi tidak sampe menyentu obyek,kita atur pengatur fokus halus dan kasar agar terlihat jelas.

( Pembelajaran biologi,kimia )

3.Rangkaian listrik seri dan paralel

Setelah mendapatkan penjelasan bagaimana cara penyusunan seri dan paralel ,kami mempratekkan langsung ,menyusun rangkaian seri dan paralel dalam bentuk kelompok ,hal ini juga digunakan sebagai praktek UAS ketika SMP.

( Pembelajaran Fisika )

4.Magnet

Dipratekkan untuk mengetahui sifat sifat magnet 
( Pembelajaran Fisika )

5.Carta, alat pencernaan manusia

( Pembelajaran Biologi )




Prosedur Penyimpanan dan Perawatan Peralatan IPA

1.Torso Manusia

Disimpan ditempat teduh misalnya Laboratorium namun tidak tersentuh oleh benda lain agar tidak lecet atau tergores.
Perawatannya ,sebaiknya di tutupi secara keseluruhan badan torso dengan plastik bening  agar debu dan rayap tidak menempel.

2.Magnet

Disimpan khusus di lemari yang ada di laboratorium,jangan diletakkan sembarangan karena jika terjatuh sifat kemagnetannya akan berkurang .magnet tersebut dibungkus dengan karton pembungkus.
Perawatan ,sebaiknya jangan hanya disimpan ,karena sifat kemagnetannya lama lama akan berkurang,sebaiknya digunakan pada waktu waktu khusus agar lebih bermamfaat .

3.Rangkaian seri dan paralel

Disimpan didalam  lemari di laboratorium
Perawatan ,sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada bola lampu ,baterai yang sudah tidak berfungsi atau  diganti sebelum alat tersebut dipergunakan kembali.

4.Mikroskop

Disimpan di kotak di masukkan ke dalam lemari yang ada pada laboratorium atau disimpan di lemari kaca agar terlihat seperti pajangan.atau disimpan dalam Dompet kanvas
Perawatan ,sebaiknya dilakukan pembersihan waktu waktu tertentu untuk membersihkan  dari debu .kertas untuk pembersih kaca, kunci allen,obeng halus,alat khusus pembuka baut pengatur fokus yang sesuai dengan mikroskop,alat semprot udara dilengkapi dengan sikat halus untuk membersikan kaca

5.Model /gambar mata,telingan dan alat pencernaan

Biasanya Peralatan ini jarang disimpan /digulung gulung disimpan dilemari laboratorium ,namun sering di tempelkan di dingding kelas atau didingding ruangan laboratorium.
Perawatan, Di bersihkan dari debu debu yang menumpuk ,kemudian diberi bingkai baik dari plastik kaca maupun kaca .

6.Gelas kimia

Disimpan di dalam kotak namun bisa juga di pajang di dalam lemari kaca,dengan suhu tertentu agar gelas tersebut tidak memuai.
Perawatan , dalam jangka tertentu sebaiknya gelas dikeluarkan dari kotak agar gelas mampu mengurangi Gerak muainya sehingga tidak pecah di dalam lemari tersebut.

8.KIT IPA
Disimpan di dalam Boks Kit
Perawatan,Kit dibersikan dengan jangka waktu tertentu  .









































TUGAS 2

Merumuskan Indikator Indikator menjadi pernyataan tujuan Pembelajaran

1.Mengamati berbagai sumber energi dilingkungan sekitar

Tujuan Pembelajaran  :

-          Siswa dapat mengidentifikasi sumber energi berupa panas,listrik, cahaya, bunyi yang ada dilingkungan sekitar .

2.Mengklasifikasikan Sumber – sumber Energi

Tujuan Pembelajaran  :

-          Siswa mampu mengelompokkan sumber – sumber energi yang timbul karena adanya perubahan perubahan bentuk dalam alat rumah tangga.

3.Memberikan contoh sumber energi untuk energi panas

Tujuan Pembelajaran  :

-          Siswa mampu mengetahui contoh energi panas yang ditimbulkan dari sumber energi yang dapat menghasilkan energi panas dalam alat rumah tangga.

4.Memberikan contoh sumber energi untuk listrik

Tujuan Pembelajaran  :

-  Siswa mampu mengetahui sumber energi yang dapat menimbulkan listrik

-  Siswa mampu menunjukkan berbagai perubahan bentuk energi listrik dalam alat rumah tangga

5.Memberikan contoh sumber  energi untuk energi cahaya

Tujuan Pembelajaran  :

-          Siswa mampu memahami perubahan bentuk energi dari sumber energi lain yang dapat menimbulkan energi cahya.

6.Memberikan contoh sumber energi untuk bunyi

Tujuan Pembelajaran  :

-          Siswa mampu menjelaskan perubahan perubahan bentuk energi yang dapat menimbulkan energi bunyi.
-          Siswa dapat memahami contoh contoh sumber energi bunyi yang ditimbulkan dari perubahan sumber sumber  energi .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar